Al-Irsyad Cipanas – Sejumlah Peserta didik SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School (IABS) Cipanas mendapatkan pemahaman dan pelatihan terkait skill kewirausahaan, Jumat (25/8/2023) lalu. Kegiatan ini diprakarsai oleh Mahasiswa Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur saat melaksanan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Palasari Kecamatan Cipanas.

Mahasiswa Unsur Bekali Siswa SMA IABS Skill Kewirausahaan
Mahasiswa Unsur Bekali Siswa SMA IABS Skill Kewirausahaan

Bertempat di Gedung aula SMA IABS Cipanas, Peserta didik yang terdiri dari kelas X hingga kelas XII terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi kewirausahaan ini.

Ketua kelompok KKN  Unsur Desa Palasari, Ari Sutomo, mengatakan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah menjadikan siswa – siswi mampu berwirausaha.

“Tujuannya adalah bagaimana caranya siswa dan siswi bisa menjadi (pelaku) wirausaha. Nantinya setelah lulus dari pada jenjang sekolah menengah atas,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Mahasiswa Unsur Bekali Siswa SMA IABS Skill Kewirausahaan

SMA IABS dan Pemdes Dukung Kegiatan Mahasiswa Unsur

Ari mengatakan, kegiatan ini dapat terselenggara berkat Kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. Di antaranya, Pemerintah Desa Palasari, Pihak SMA IABS Cipanas serta para Mahasiswa Unsur yang tengah KKN itu sendiri.

“Untuk pihak yang menyelenggarakan, mungkin kita teman-teman kelompok (berjumlah) 16 orang. Kemudian  juga pihak SMA Al-Irsyad, dari kepala sekolah, kemudian Wakasek beserta guru-guru yang tidak bisa saya sebutkan satu per-satu. Kemudian  dari Pemerintah Desa Palasari. Alhamdulillah kelompok KKN Desa Palasari ini bisa menjalankan tugas yang mana merupakan kewajiban dari pada perkuliahan,” jelasnya.

Meski berjalan dengan baik, Ari Sutomo mengaku masih terdapat kendala dalam kegiatan sosialisasi kewirausahaan ini. Di antaranya pelaksanaan yang sedikit terlambat dari jadwal yang ditentukan.

“Untuk kendala, mungkin karena memang saya juga  pelaku UMKM yang sering bergelut di bidang kerajinan, tidak ada kendala dari segi fasilitas karena kita sudah sediakan. Kendalanya yaitu hanya waktu aja ngaret,” terangnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini, siswa-siswi SMA IABS Cipanas bisa termotivasi untuk menjadi wirausaha.

“Harapan saya, selaku pelaku UMKM sekaligus Mahasiswa kelompok KKN Desa Palasari, siswa – siswi  bisa menjadikan kewirausahaan  sebagai usaha utama. Jadi biar bisa termotivasi, dengan adanya praktek kewirausahan yang kami laksanakan selaku kelompok KKN. Supaya bisa berdampak positif, bagi teman – teman ataupun siswa – siswi SMA Al-Irsyad Cipanas,” tutupnya.(*)

Tim Liputan :

  • Mega Tri Utami (XI Merdeka 1)
  • Yuli Yuliawati (XII MIPA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *