CIPANAS – SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School (IABS) Cipanas terus mengembangkan potensi dan skill peserta didik melalui berbagai aktivitas, salah satunya lewat ekstrakurikuler jurnalistik dan multimedia.


Ekstrakurikuler ini telah berdiri sejak tahun 2022 dan menjadi salah satu ekskul yang diminati.


Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik dan Multimedia, Bapak Fikri Ario Rosmana, mengatakan ekskul ini didirikan atas keinginan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan penulisan dan juga multimedia


“Jurnalistik sekarang ini tidak hanya soal bagaimana mampu menulis dan menganalisis berita, tapi juga harus dengan kemampuan multimedia yang baik. Karena platform digital yang semakin berkembang tentunya kita ingin membekali siswa dengan kemampuan ini,” ujarnya melalui WhatsApp.


Pak Ario menjelaskan, dalam ekskul ini terdapat tiga divisi yang bisa peserta didik pelajari. Mereka adalah divisi redaksi, divisi multimedia dan divisi website.


“Untuk redaksi, tentunya siswa belajar bagaimana menulis berita yang baik. Sesuai dengan kaidah jurnalistik selain itu juga mempelajari kemampuan copywriting,” terangnya.


Kemudian, sambung beliau, divisi multimedia mengajarkan peserta didik bagaimana menggunakan aplikasi dan peralatan multimedia.


“Seperti Editing Foto dan Video. Lalu bagaimana memproduksi sebuah konten untuk platform media sosial dan sebagainya,” tambahnya.


Selain itu, adapula divisi website yang mengajarkan pengelolaan website kepada peserta didik.


“Nah ini juga yang jarang ada di ekstrakurikuler lain. Di sini kita juga ajarkan siswa mengelola website lewat postingan dan bagaimana mempelajari Search Engine Optimizer atau SEO. Ini penting karena di era digital dan serba internet ini akan jadi modal yang baik jika mereka punya kemampuan ini,” timpal beliau.


Dirinya juga berterimakasih atas setiap dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah.
“Khususnya untuk Kepala Sekolah yang mendukung penuh dan memfasilitasi setiap kegiatan kami. Semoga ke depannya dapat menjadi potensi yang bagus baik untuk sekolah maupun siswa itu sendiri,” tutupnya (*)

Tim Liputan :
Mega Tri Utami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *