Hari batik nasional

Al-Irsyad Cipanas – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, warga SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School (IABS) Cipanas kompak menggunakan baju batik.

Terlihat, peserta didik, dewan guru, serta kepala sekolah menggunakan pakaian batik saat upacara bendera, Senin (2/10/2023).

Pengurus OSIS SMA IABS menginisiasi ide kegiatan kali ini.

Salah seorang Pengurus OSIS SMA IABS Cipanas, Mega Tri Utami, menjelaskan, ide untuk kegiatan ini agar mendapatkan suasana yang berbeda saat belajar di sekolah.

“Jadi biar ada suasana baru saja. Biasanya hari senin kita pakai seragam, sekarang karena momentumnya pas, jadi kita pakai batik,” terangnya.

Mega menambahkan, selain itu, kegiatan ini tentunya juga bertujuan meningkatkan kecintaan siswa-siswi SMA IABS Cipanas terhadap warisan budaya Indonesia.

Sebagai informasi Unesco menetapkan batik sebagai warisan dunia non benda pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu.

“biar siswa tahu, bahwa dunia mengakui ini sebagai warisan budaya Indonesia,” tambahnya.

Ia mengaku bersyukur, usulan ini dapat diterima dengan baik oleh Pembina OSIS, Ibu Ai Susanti S.Pd. dan terealisasi pada hari ini.

“Alhamdulillah, Pembina menyetujui dan mensosialisasikan kepada siswa dan guru-guru yang lain. Sehingga hari ini semuanya kompak,” terang Mega.

Wakil Kepala Sekolah urusan Kesiswaan, Randi Antika, S.Pd, mengatakan, himbauan menggunakan batik pada ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik mengenal budaya Indonesia.

“Tujuannya tentu untuk membiasakan anak-anak untuk mencintai budaya Indonesia,” Ucapnya.(*)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *