lomba tumpeng milad alirsyad
Dewan Juri saat menilai hasil tumpeng hias peserta lomba dalam perayaan milad A-Irsyad Al-Islamiyah ke-110. (Foto : Alfiyah Yuhpi)

Cianjur – Perayaan hari ulang tahun atau milad Al-Irsyad Al-Islamiyah ke-110 dirayakan meriah oleh siswa-siswi SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School (IABS) Cipanas. Lewat berbagai kegiatan, salah satunya lomba hias tumpeng antar kelas, Selasa (17/9/2024).

Pembina OSIS SMA IABS Cipanas, Ai Susanti, S.Pd menuturkan, Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur Al-Irsyad Al-Islamiyah yang sudah berdiri selama 110 tahun. Berlokasi di Masjid Asy-Syuhada, SMA IABS Cipanas.

“Selain itu, adanya himbauan yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Al-Irsyad Al-islamiyah untuk mengadakan kegiatan yang dapat memeriahkan milad milad Al-Irsyad Al-Islamiyah yang ke 110 ini. Disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing wilayah,” ujarnya.

Ai menjabarkan, perlombaan tumpeng ini merupakan simbol persatuan dan kebersaman. Siswa saling bekerja sama untuk menyuguhkan hiasan nasi tumpeng semenarik mungkin.

“Maka dari itu, diadakannya kegiatan lomba tumpeng dari masing-masing kelas peserta didik. Baik dari kelas 10, 11 dan 12. Diharapkan dari adanya kegiatan tersebut, bisa memperkuat persatuan, simbol kebersamaan dan memberikan manfaat untuk kita semua khususnya warga SMA IABS,” jelasnya.

BACA JUGA : SMA IABS Cipanas Genjot Program Kesiswaan

Peserta didik SMA IABS Cipanas saat mengikuti rangkaian kegiatan Milad Al-Irsyad. (Foto : Alfiyah yuhpi)

Sosialisasikan Milad Al-Irsyad

Sementara itu, Ketua Pantia Milad Al-Irsyad Al-Islamiyah SMA IABS Cipanas, mega Tri Utami menuturkan, selain perayaan milad, kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan organisasi Al-Irsyad Al-Islamiyah kepada masyarakat.

“Kegiatan menyambut milad ini adalah memperkenalkan kepada masyarakat sekolah bahwa Al- Irsyad yang berdiri telah mencapai usia yang ke-110. Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahmi dari masing-masing bapa ibu guru dan seluruh siswa SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School,” ujarnya.

Kemudian, terkait tingkat antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ini terbilang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah partisipan yang mengikuti lomba hias tumpeng dari seluruh kelas.

“Mereka bersemangat dalam mempersiapkan bahan dan dekorasi untuk tumpeng mereka. Selain itu, mereka juga bersemangat dalam berkreasi dan menunjukkan kemampuan mereka dalam menghias tumpeng,”

Terpisah, salah seorang siswa, Devina Febriyanti mengaku senang dengan perayaan milad Al-Irsyad Al-Islamiyah tahun ini.

“Asik, Seru pokoknya,” tandasnya.

Ia menjelaskan kesulitan dalam mengikuti lomba ini hanya soal jarak antar rumah rekan setim. Proses pembuatan tumpeng terhambat lantaran sebagian ada yang tidak tinggal di asrama.

“Bagian tersulit yaitu pas bikin tumpeng soalnya pada jauh rumahnya,” tutup Vina.(*)

Tim Liputan : Alfiyah Yuhpi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *